Apa Itu Company Profile - Liga Garuda

Breaking

Apa Itu Company Profile


Bagi kamu yang sedang membangun usaha rintisan, company profile adalah salah satu hal yang perlu kamu persiapkan sejak awal. Dokumen ini akan sangat berguna, baik saat mencari investor, mencari vendor atau supplier, membangun kerjasama dengan partner, hingga kebutuhan promosi. 

Meskipun istilah Company Profile sudah cukup sering kita dengar, mungkin ada beberapa Sobat Cakap yang belum benar-benar memahami pengertian dan fungsinya. Oleh karena itu, dalam artikel kali ini Cakap akan membahas mengenai Company Profile, cara membuatnya, hingga contoh dan template-nya. Yuk, baca sampai akhir! 

Apa Itu Company Profile

Company Profile adalah perkenalan tertulis suatu perusahaan atau bisnis untuk memberi tahu pembaca mengenai informasi-informasi penting terkait perusahaan. Hal ini dapat termasuk visi dan misi, latar belakang dan perkembangan perusahaan, hingga informasi produk dan layanan yang ditawarkan. 

Apa saja informasi yang akan dimasukkan ke dalam Company Profile akan disesuaikan dengan target pembaca atau audiensnya. Oleh karena itu, panjang dan komponen isi dari Company Profile itu sendiri dapat berbeda-beda bagi setiap perusahaan atau bisnis. Ada yang cukup dalam selembar brosur, ada yang membutuhkan berpuluh halaman booklet. 

Company Profile yang baik memiliki beberapa ciri-ciri, yaitu: 

  1. Sesuai dengan tujuan dibuatnya
  2. Menarik dari segi tampilan dan isi
  3. Memberikan informasi yang jelas tentang perusahaan
  4. Menggunakan bahasa formal yang baik dan benar
  5. Efisien dan tidak bertele-tele